skip to Main Content

Kupas Tuntas Integrasi Ilmu Berbasis Epistemologi Islam Melalui Kajian Tokoh

  • UAI

Achmad Baiquni menegaskan bahwa “Sebenarnya segala ilmu yang diperlukan manusia itu tersedia di dalam al-Qur’an” (Baiquni, 1997:17). Pembahasan mengenai integrasi ilmu berbasis epistemologi Islam kini juga menjadi perbincangan yang menarik di tengah masyarakat. Hal ini juga yang mendasari Pusat Kajian Strategis Nilai – Nilai Islam dan Kewirausahaan UAI PSI2P (Pusat Studi Islam dan Ilmu Pengetahuan) menyelenggarakan Diskusi Serial Epistemologi Islam #6 pada Kamis, 6 Mei 2021 lalu.

Acara ini dibuka dengan sambutan dan beberapa pengantar dari Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc selaku Rektor Universitas Al Azhar Indonesia. Dalam penyampaiannya, antusias dari Prof. Asep sangat terlihat dengan adanya kajian seperti ini. Sehingga bisa memunculkan banyak pengetahuan baru dari perspektif epistemologi islam. Harapannya agar diskusi ini juga bisa menghadirkan berbagai kajian yang edukatif bagi khalayak luas kedepannya tutur Rektor UAI ini.

Prof. Dr. Nurhayati Djamas, MA., M.Si. selaku Kepala Pusat Kajian Strategis Nilai – Nilai Islam dan Kewirausahaan UAI juga turut hadir dan menyampaikan beberapa pengantar mengenai gagasan dan keberlanjutan kajian integrasi ilmu berbasis epistemologi islam ini. Acara berlanjut dengan adanya penyampaian materi oleh Radhiya Bustan, M.Soc, Sc, Psi selaku Ketua Program Studi Psikologi Universitas Al Azhar Indonesia dengan topik “Overview Pemikiran Prof. Bustanuddin Agus”.

Materi pun semakin menarik dengan adanya pembawaan materi oleh Dr. Elfitra, M.Si selaku Dosen Program Studi Sosiologi Universitas Andalas beserta topik yang dibawakan yakni “Konektivitas Agama, dan Ilmu Pengetahuan dalam Pemikiran Prof. Bustanuddin Agus”. Dan materi terakhir dibawakan oleh Dr. Tjahjo Suprajogo, M.Si selaku Direktur PS12P (Pusat Studi Islam dan Ilmu Pengetahuan) dengan topik “Konsep Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan”. Diskusi ini berjalan dengan baik serta penuh antusias dari audiens. Semoga kedepannya diskusi dan kajian ini bisa selalu mengedukasi dan menambah pengetahuan kita tentang Islam dan lainnya, serta bisa mengimplementasikannya dalam keseharian kita. Aamiin.

Referensi

Baiquni Achmad. 1997. Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan Kealaman. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

The post Kupas Tuntas Integrasi Ilmu Berbasis Epistemologi Islam Melalui Kajian Tokoh appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Back To Top