skip to Main Content

WEBINAR Perpustakaan UAI “Konversi Untuk Publikasi: Mengubah Tugas Akhir Menjadi Artikel Ilmiah“

  • UAI

Telah berlangsung acara Webinar Perpustakaan UAI pada Kamis 05 November 2020 yang mengangkat topik “Konversi Untuk Publikasi: Mengubah Tugas Akhir Menjadi Artikel Ilmiah”. Acara yang diadakan secara virtual ini membahas materi yang sangat tepat bagi para mahasiswa yang ingin terjun ke dunia penelitian. Narasumber pada webinar ini menghadirkan para ahli di bidang penelitian dan pustakawan yakni Dr. Dewi Elfidasari, S.Si., M.Si. selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia (LP2M UAI). Dan Cecep Ibrahim S.IIP., M.P. selaku Pustakawan Universitas Al Azhar Indonesia. Pada webinar ini dikedepankan pemahaman mengenai bagaimana cara menulis dan menyiapkan sistematika untuk menciptakan suatu karya tulis ilmiah.

Webinar yang berlangsung di awal bulan November ini diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia (LP2M UAI) dan berkolaborasi dengan Perpustakaan UAI. Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Prof. Dr. Agus Surono, S.H., M.H. selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Al Azhar Indonesia. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan agar Sivitas Akademika UAI terus terbuka akan paradigma baru serta mengikuti tren dan isu apa yang sedang berkembang di masyarakat. Tujuannya agar dosen ataupun mahasiswa dapat berperan secara maksimal dalam menciptakan sebuah penelitian, publikasi, dan riset yang memiliki pengaruh yang baik bagi bangsa kedepannya.

Setelah sambutan dari Wakil Rektor I Bidang Akademik UAI, acara dilanjutkan dengan adanya pemaparan materi dari narasumber pertama yakni Dr. Dewi Elfidasari, S.Si., M.Si. selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia (LP2M UAI). Pemaparan materi yang disampaikan adalah membahas mengenai Manfaat Publikasi bagi Diri dan Perguruan Tinggi, perlu diperhatikan bahwa sebuah publikasi yang diciptakan tentu akan menambah nilai diri dalam mengabdikan diri bagi masyarakat. Beliau pun menjelaskan bahwa sebuah good impact akan memberikan hasil impact factor yang baik pula, perlu diingat bahwa terdapat sebuah mekanisme yang perlu diprioritaskan untuk menciptakan karya yang bermanfaat bagi khalayak luas. Harapannya agar di masa yang akan datang seluruh mahasiswa ataupun kaum akademisi akan terus berperan aktif dalam menciptakan sebuah publikasi atau penelitian karya tulis ilmiah.

Acara pun dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Cecep Ibrahim S.IIP., M.P. selaku Pustakawan Universitas Al Azhar Indonesia. Dalam penyampaiannya, Beliau memmberikan suatu pemahaman bahwa setiap orang dapat menciptakan sebuah karya yang bermanfaat bagi masyarakat. Terakhir sebelum menutup pemarannya, Pustakawan Universitas Al Azhar Indonesia ini mengharapkan agar seluruh sivitas akademika UAI terus mempersiapkan diri dan membuat inovasi dibidang publikasi.

Sesi pemaparan telah usai dan berlanjut kepada sesi tanya jawab yang ada di webinar ini. Antusiasme dari audiens sangat lah tinggi, bahkan ada salah satu audiens yang menanyakan suatu pertanyaan hingga beberapa kali. Tentu kedepannya diharapkan agar mahasiswa maupun dosen semakin aktif dalam menciptakan sebuah publikasi dan edukasi bagi bangsa di masa yang akan datang.

Back To Top