skip to Main Content

Perkuat Aspek Spiritual Para Wisudawannya, UAI Gelar Prosesi Khotmul Quran

  • UAI

Jakarta (31/01) – Suasana syahdu menyelimuti para wisudawan ke-22 di Masjid Agung Al Azhar dalam Prosesi Khotmul Quran yang dilaksanakan pada Jumat, 31 Januari 2020. Perjuangan menempuh pendidikannya ini mengantarkan mereka pada hari besarnya yakni Prosesi Khotmul Quran yang menjadi bagian dari rangkaian prosesi wisuda.

Dalam Khotmul Quran ini dilakukan prosesi penyerahan Al Quran oleh Ketua Umum Pengurus Yayasan Pesantren Islam Al Azhar (YPIA) kepada para wisudawan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran. Penyerahan Al Quran dilakukan secara simbolis kepada para wisudawan terbaik dan berprestasi tingkat universitas, yaitu Muhammad Azzam Muhtadi dari Fakultas Psikologi dan Pendidikan, Syifa Fauziah dari Fakultas Hukum, Indrawan Arifianto dari Sains dan Teknologi, Angga Yudha Pratama dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Arya Dharma Putra dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Amalia Septyani dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, dan Undri Zon dari Program Pasca Sarjana Ilmu Hukum. Selain penyerahan Al Quran, para wisudawan juga menyerahkan donasi berupa alat sholat dan Al Quran yang nantinya akan diberikan kepada pesantren yang ada di Indonesia.

Setelah prosesi penyerahan selesai, salah satu wisudawan terbaik, Syifa Fauziah dari Fakultas Hukum memberikan kesan dan pesannya selama mengenyam pendidikan di Universitas Al Azhar Indonesia.

“Rasya syukur kami ucapkan kepada Yayasan Pesantren Islam Al Azhar (YPIA),  sivitas akademika UAI, dan para dosen yang telah menjadi pengayom terhadap khazanah ilmu pengetahuan yang kami miliki.” Ujarnya dengan semangat dan rasa haru.

“Kehidupan pasca kampus ini bukan hanya sekedar kehidupan yang layak, upah yang besar, atau jabatan yang tinggi, melainkan lebih dari itu. Seperti yang kita ketahui, sebaik – baiknya manusia adalah manusia yang berguna bagi banyak orang.” Tambahnya.

Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., juga turut memberi sambutan dalam kegiatan prosesi Khotmul Quran ini. Dengan bangga beliau menyampaikan rasa syukur dan senang karena para wisudawan tidak menyisakan waktunya.

“Kami atas pimpinan dan seluruh dosen mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada adik-adik jika di dalam proses pendidikan yang kami lakukan mungkin dirasakan oleh adik-adik ada yang tidak berkenan. Bahwasannya yang kami lakukan semata-mata sebagai proses pendidikan agar anda semuanya masuk ke dalam proses untuk menjadi yang lebih baik.” Ucapnya dengan haru saat memberikan sambutan.

Sambutan acara dilanjutkan dengan Ketua Umum YPI Al Azhar, Drs. Sobirin HS. Beliau  berharap dengan adanya Khotmul Quran ini dapat menjadi pengingat kepada para wisudawan bahwa menjadi muslim merupakan sebuah keberkahan. Allah Subhana Wa Ta’ala dapat menjadikan seluruh umat manusia di bumi ini menjadi muslim bila Allah Subhana Wa Ta’ala menginginkannya. Namun, Allah Subhana Wa Ta’ala hanya menjadikan umat manusia pilihannya yang menjadi muslim. Keistimewaan tersebut harus terus dijaga, salah satunya dengan keutamaan menjaga Al Quran sebagai pedoman dalam berkehidupan.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, didirikannya lembaga pendidikan oleh YPI Al Azhar bertujuan untuk mendidik pemuda Indonesia agar menjadi kader pembangun akhlak, mendidik pemuda Indonesia agar menjadi akhlak negara yang bersih dan suci, serta mendidik pemuda Indonesia agar menjadi penyebar kebaikan.

Terakhir, Tausiah diberikan oleh Dr. Faisal Hendra, M.Ed., yang menjelaskan mengenai mengapa prosesi Khotmul Quran ini diselenggarakan sebagai rangkaian prosesi wisuda. Beliau menyadari bahwa para wisudawan UAI cukup unggul dalam bidang akademik. Namun, sebagai umat muslim, para wisudawan hendaknya selalu berpegang pada rukun iman salah satunya yakni meyakini Al Quran sebagai petunjuk yang akan mengantarkan umat muslim pada keselamatan dunia dan juga akhirat. Sehingga, melalui pelaksanaan Khotmul Quran ini, lulusan Al Azhar tidak lemah pada aspek spiritual.

Prosesi Khotmul Quran ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Dr. Faisal Henda, M.Ed., ini sendiri yang dilanjutkan dengan foto bersama seluruh wisudawan serta foto bersama masing-masing fakultas. Rangkaian prosesi wisuda akan berlanjut pada Sabtu, 01 Februari 2020 di Manggala Wanabakti.

Back To Top
Close search
Search