skip to Main Content

Pengukuhan Prof. Suparji Sebagai Guru Besar Berlangsung Meriah dan Khidmat

  • UAI

Kabar bahagia datang dari salah satu dosen Fakultas Ilmu Hukum Universitas Al Azhar Indonesia (UAI). Pasalnya Prof. Dr. Suparji Ahmad, SH., MH. resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Hukum secara hybrid pada Kamis (23/06), bertempat di Ruang Auditorium Arifin Panigoro Universitas Al Azhar Indonesia (UAI).

Rangkaian kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjut dengan lagu Mars Yayasan Pesantren Islam Al Azhar, Mars UAI, mengheningkan cipta hingga pembacaan lantunan ayat suci Al Qur’an.

Pembukaan Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas Al Azhar Indonesia dilakukan oleh Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. sekaligus penyampaian sambutan. Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. menyampaikan sukacitanya dan merasa senang dengan pencapaian Prof. Suparji.

Momen haru menyelimuti tamu undangan disaat pemutaran video profile Prof. Suparji menceritakan kisah hidupnya yang sederhana. Kesederhanaan tersebut memotivasi Prof. Suparji hingga membuahi hasil yang mulia.

Didukung dengan orasi ilmiahnya yang berjudul Kontekstualisasi Nilai Keadilan Sosial (Social Justice) dalam Sistem Hukum Indonesia melalui pendekatan “Economic Analysis Of Law”, Prof. Suparji berharap dapat menciptakan keadilan ditengah masyarakat dengan berlandaskan ideologi negara, yakni Pancasila. Penegakan hukum menurut Prof. Suparji harus transparan, akuntabel dan berkualitas, serta memihak pada kebenaran dan keadilan masyarakat. Tidak hanya itu, para aparat penegak hukum dalam melakukan tindakan hukum juga perlu memerhatikan aspek ekonomi dan kepentingan publik.

Puncak pengukuhan dilakukan dengan Pembacaan Naskah Pengukuhan Guru Besar oleh Rektor UAI diikuti dengan Prof. Suparji. Penyematan Satya Lencana Sujana Utama dilakukan sebagai simbolis pengukuhan Prof. Suparji secara resmi. Acara berlanjut dengan pemberian ucapan selamat dari orang-orang terdekat, yakni istri, dan ketiga anak-anaknya.

Jaksa Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Sanitiar Burhanudin, S.H., M.M., M.H., menyampaikan ulusan orasi ilmiah yang bertemakan Penegakan Hukum Untuk Mewujudkan Keadilan Sosial (Social Justice).

Kemeriahan acara pengukuhan guru besar dimeriahkan dengan penampilan Reksa Willy and Friends dan ditutup dengan penutupan senat terbuka oleh Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc.




The post Pengukuhan Prof. Suparji Sebagai Guru Besar Berlangsung Meriah dan Khidmat appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Back To Top
Close search
Search