skip to Main Content

Multaqa Nasional Bahasa Arab (MUNASBA) III Dalam rangka memperingati hari Bahasa Arab se-Dunia

  • UAI

Pandemi COVID-19 yang belum juga usai ini tidak membatasi akademisi untuk terus berkarya dan mengeluarkan berbagai gagasan di bidang pendidikan. Pada Kamis, 17 Desember 2020 telah berlangsung acara Multaqa Nasional Bahasa Arab (MUNASBA) III dalam rangka memperingati hari Bahasa Arab se-Dunia dengan tema Trends and Future Perspective on Arabic Education, Linguistics, Literature, Culture and Translation. Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari pemerintah hingga sektor akademisi, dan audiens pada MUNASBA ini melebihi 500 orang.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Pemerintah turut andil dalam acara di bidang pendidikan ini. Acara ini di hadiri oleh tamu kehormatan yaitu H. Esam A. Abid Al Thagafi sebagai Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia dan HE. Abdulla Salem AlDhaheri sebagai Duta Besar Uni Emirat Arab untuk Indonesia. Pada sambutannya, kedua duta besar ini mengharapkan terus terjalinnya inovasi dan  kerjasama tinggi antara ketiga negara ini. Terakhir sebelum sambutan ditutup, kedua Duta Besar juga menginginkan adanya kolaborasi dalam memerangi COVID-19 ini agar segera usai sehingga semua sektor akan segera pulih seperti semula.

Pada sesi webinar juga diisi dengan materi dari beberapa narasumber yaitu Dr. Iin Suryaningsih, M.A. (Ketua Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Arab UAI), Dr. Agus Yasin M.Pd.I (Ketua Program Studi Pascasarjana PBA UNIDA Gontor) dan Rita Febrianta, M.Pd (Dosen Bahasa Arab IAIN Bukittinggi). Acara ini juga turut dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin M.Sc. selaku Rektor Universitas Al Azhar Indonesia, Assoc. Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A., M.Phil. selaku Rektor Universitas Darussalam Gontor dan Dr. Tulus Musthofa, Lc., MA. Selaku ketua umum IMLA Indonesia. Setelah adanya sejumlah sambutan serta pemaparan materi acara pun berlanjut dengan penandatanganan MoU kerjasama antara Universitas Al Azhar Indonesia dengan UNIDA Gontor. Semoga dengan adanya acara ini dapat menjadi relasi dan awal yang baik untuk UAI dan juga UNIDA Gontor, serta menciptakan generasi penerus yang terbuka akan ilmu pengetahuan dan memiliki perspektif yang luas.

The post Multaqa Nasional Bahasa Arab (MUNASBA) III Dalam rangka memperingati hari Bahasa Arab se-Dunia appeared first on Universitas Al Azhar Indonesia.

Back To Top
Close search
Search