skip to Main Content

Mengenal Budaya Kerja Perusahan Jepang Program Studi Sastra Jepang Universitas Al Azhar Indonesia

  • UAI

Jakarta– Universitas Al Azhar Indonesia khususnya program studi Sastra Jepang, kali ini tengah mengadakan kuliah umum tentang “Bagaimana Bekerja di Perusahaan Jepang” (14/12/17) acara yang dilaksanakan di ruangan serbaguna ini dihadiri oleh Ketua Program Studi Sastra Jepang Ibu Ariyanty Visiaty, S.S.,M.LA, dan Ibu M Anitasari selaku pembicara utama.  Wanita yang menyelesaikan studinya  di Universitas Indonesia ini dahulu sempat bekerja menjadi sekertaris dan asisten manager PPGA Departemen di Toyota Motor Manufacturing Indonesia (1985 – 2012) dan Manager of Shop Floor training in Toyota Institute Indonesia (2012-2014). Acara yang berlangsung di ruangan serbagun lantai 2 ini dimulai pukul 13.00 hingga selesai.

Dalam kesempatan kali ini Ibu M Anitasari yang dahulu bekerja di PT Toyota membagi pengalamannya ketika bekerja di sebuah perusahaan jepang. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang gambaran umum perusahaan Toyota, Persiapan memasuki perusahaan Jepang, Kendala bekerja di perusahaan Jepang, pentingnya menguasai pengetahuan tentang budaya dan bahasa Jepang serta cara melatih keahlian dan sikap untuk dapat bekerja di perusahaan Jepang. Dalam dunia kerja pemahaman pemahaman seperti ini sangatlah penting, terutama apabila kita bekerja di sebuah perusahaan asing yang jelas memiliki latarbelakang budaya dan kebiasaan yang berbeda. Kesalahpahaman konsep budaya akan memicu perselisihan sebuah tim dan memperburuk kinerja yang ada, Sehingga kedepannya seorang ahli tidak lagi dapat dipercaya. Bukan proses yang singkat sehingga ibu M Anitasari bisa sampai ke posisi karir saat ini. Ada usaha dan jalan yang panjang sehingga akhirnya bisa membawa beliau ke masa saat ini. Menurut Beliau ada 3 hal yang harus diperhatikan agar nantinya kita dapat ditempatkan dimanapun dan kapanpun. Yang pertama adalah kita harus deal terhadap diri sendiri, yaitu mengetahui kapasitas diri (kemampuan, kelebihan dan kekurangan), yang kedua deal dengan lingkungan keluarga dan yang ketiga deal dengan lingkungan kita.

Dengan diadakannya kuliah umum ini diharapkan mahasiswa dapat lebih megenali dunia kerja yang akan mereka hadapi di masa depan. Persiapan yang matang dalam membentuk alumni alumni yang berkualitas adalah salah satu aspek yang menunjang kesuksesan Universitas Al azhar dalam mencetak generasi yang unggulan.

Universitas Al Azhar Indonesia
Universitas Al Azhar Indonesia
Universitas Al Azhar Indonesia

Back To Top